LEMBAR KERJA SISWA
A. Tujuan Pembelajaran
1. Competence (Kemampuan Akademik)
a. Siswa mampu membedakan kenampakan alam dan buatan di Indonesia berdasarkan gambar
b. Siswa mampu memberi contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan, masing-masing minimal tiga contoh
c. Siswa mampu memberi contoh kegiatan ekonomi berdasarkan gambar kenampakan alam/ buatan
d. Siswa mampu menjelaskan proses pembuatan bendungan, penataan perkebunan teh, pemanfaatan laut dengan gambar
2. Conscience (Hati Nurani)
a. Siswa mampu memberi contoh sikap yang benar dalam memanfaatkan kenampakan alam dan buatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi
3. Compassion (Kepedulian Sosial)
a. Siswa mampu merumuskan niat-niat untuk menjaga kelestarian kenampakan alam secara tertulis
b. Siswa mampu merumuskan niat untuk merawat kenampakan buatan secara tertulis
c. Siswa mampu membuat poster yang berisi ajakan melestarikan kenampakan alam atau merawat kenampakan buatan secara spontan
B. Petunjuk
1. Tuliskan namamu pada pojok kanan atas LKS!
2. Lakukan kegiatan belajar di bawah ini!
3. Tuliskan jawabanmu pada kolom yang telah disediakan dengan rapi!
4. Kumpulkan LKS dengan rapi!
C. Kegiatan Belajar
1. Kegiatan Belajar 1
a. Tuliskan hasil diskusimu pada table di bawah ini
No
|
Aspek Perbedaan
|
Kenampakan Alam
|
Kenampakan Buatan
|
1
| |||
2
| |||
dst
|
No
|
Contoh Kenampakan
|
Contoh kegiatan Ekonomi yang bisa dilakukan
| |
Kenampakan Alam
|
1
| ||
2
| |||
3
| |||
4
| |||
dst
| |||
Kenampakan Buatan
|
1
| ||
2
| |||
3
| |||
4
| |||
dst
|
Untuk Kelompok 1
Jelaskan proses pembuatan Bendungan menggunakan gambar di depan kelas!
Untuk Kelompok 2
Jelaskan penataan perkebunan the di daerah pegunungan menggunakan gambar di depan kelas!
Untuk Kelompok 3
Jelaskan pemanfaatan laut yang benar menggunakan gambar di depan kelas!
2. Kegiatan Belajar 2
a. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!
b. Perhatikan presentasi temanmu dengan baik!
Tuliskan apa yang sudah kita pelajari bersama hari ini!
D. Refleksi
1. Bagaimana perasaanmu setelah mempelajari materi ini?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Kesulitan apa ynag masih kamu alami?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kesulitan itu?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Apa manfaat materi ini untuk kehidupanmu sehari-hari?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
LEMBAR REFLEKSI
1. Renungkanlah bagaimana perasaanmu mengetahui bahwa kenampakan alam dan kenampakan buatan memberi manfaat dalam kehidupanmu?
2. Apakah kamu memanfaatkan kenampakan alam dan kemanpakan buatan sesuai dengan kebutuhanmu?
3. Masih adakah sikapmu yang harus diperbaiki dalam pemanfaatan kenampakan alam dan kenampakan buatan?
4. Adakah tindakanmu yang merusak kenampakan alam atau kenampakan buatan?
LEMBAR PERUMUSAN NIAT DAN RENCANA TINDAKAN
1. Rumuskan niat-niatmu untuk menjaga kelestarian kenampakan alam?
2. Rumuskan niat-niatmu untuk merawat kenampakan buatan?
3. Buatlah poster yang berisi ajakan melestarikan kenampakan alam atau merawat kenampakan buatan!
LEMBAR OBSERVASI
PRESENTASI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
| ||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
| |||
Dst.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar