Kamis, 26 April 2012

awal perdebatan waktu itu


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang membantu peserta didik untuk memahami pengetahuan yang disampaikan pendidik. Model pembelajaran inovatif merupakan bentuk pembelajaran yang membantu pendidik mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata yang dialami peserta didik. Proses pembelajaran seperti itulah yang dapat memberikan pelayanan mengarah pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). “Kemampuan menerapkan pembelajaran PAIKEM tersebut diperlukan penguasaan model pembelajaran yang memadai” (Sugiyanto,2010:2). Salah satu contoh pembelajaran inovatif adalah Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR).
PPR merupakan pendekatan pembelajaran yang dilandaskan pada nilai- nilai kristiani. Subagya (2010:42) menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan PPR membawa peserta didik untuk menyelesaikan satu siklus yang berkesinambungan, yaitu konteks à pengalaman à refleksi à aksi à evaluasi. Setiap aspek selalu berkaitan dan tidak boleh dipisah-pisahkan. Proses pembelajaran menggunakan PPR bertujuan untuk membentuk pribadi peserta didik yang utuh, yang berprestasi dalam nilai kognitif (competence), mempunyai hati nurani yang tajam (conscience), dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi (compassion ).
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti selama proses Program Pengalaman Lapangan (PPL), prestasi belajar peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam yang berupa nilai kognitif (competence) pada mata pelajaran Matematika dan PKn masih tergolong rendah. Hal itu dibuktikan dengan nilai sebagian peserta didik kelas II pada ujian akhir sekolah masih dibawah standar ketuntasan minimal mata pelajaran, yaitu 70. Selain itu, berdasarkan wawancara dengan pendidik, mata pelajaran PKn termasuk mata pelajaran yang sulit diajarkan. Hal itu disebabkan melalui mata pelajaran ini pendidik merasa mempunyai tanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik, namun di sisi lain pendidik mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan materi ajar. Kesulitan yang dialami pendidik untuk menanamkan nilai-nilai moral tercermin pada rendahnya keisiplinan peserta didik dan kurangnya kerja sama antar peserta didik pada saat proses pembelajaran. Rendahnya kedisiplinan pada saat proses pembelajaran dibuktikan dengan keinginan untuk maju ke depan yang tidak terkendali. Mereka saling berebut untuk bisa maju ke depan. Selain itu, mereka tidak mau membuang sampah yang bukan miliknya. Rendahnya kerja sama terbukti dengan peserta didik tidak mau diminta untuk kerja sama, mereka memilih mengerjakan tugas sendiri, atau memilih-milih teman dalam bekerjasama.
Sebagai calon pendidik, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang diharapkan dapat meningkatkan nilai kognitif, disiplin, dan kerja sama pada peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena menurut Isjoni (2006:107) PTK memungkinkan pendidik mengenali karakteristik kelas dan untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi di kelas. PTK yang dilakukan diterapkan pada proses pembelajaran berbasis PPR, karena sebagai sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Kanisius, SD Kanisius Gayam menerapkan proses pembelajaran bebasis PPR.
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas II SD Kanisius Gayam merupakan pembelajaran tematik. Oleh karena itu, PPR di kelas II SD Kanisius Gayam diterapkan dalam proses pembelajaran tematik. Depdiknas dalam Trianto (2009:79) mengemukakan bahwa pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang  menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tematik karena peserta didik kelas II belum mampu berpikir secara terpisah, segala sesuatu masih harus berhubungan satu sama lain. Depdiknas (2003:28) menyatakan bahwa penggunaan pembelajaran tematik bertujuan agar pelaksanaan proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan utuh. Depdiknas (2003:26) juga menyatakan bahwa peserta didik pada usia kelas I dan II pada umumnya masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan, perkembangan fisiknya tidak pernah bisa dipisahkan dengan perkembangan mental, sosial, dan emosional.
Berdasarkan uraian di atas, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan Judul “Penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Competence, Conscience, dan Compassion Kelas II SD Kanisius Gayam” melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Matematika.

B.  Batasan Masalah
Proses penelitian penerapan Paradima Pedagogi Reflektif tidak mungkin dilakukan secara keseluruhan dari kelas I sampai kelas III dan pada seluruh mata pelajaran, karena keterbatasan waktu.  Oleh karena itu, penelitian dibatasi pada proses pembelajaran tematik di kelas II pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Matematika dalam tema “gejala alam dan peristiwa”.

C.  Rumusan Masalah
1.      Apakah penerapan PPR dalam  pembelajaran tematik dapat meningkatkan  competence, conscience, dan compassion peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam?
2.      Bagaimana meningkatkan competence peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam melalui PPR dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika?
3.      Bagaimana meningkatkan conscience peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam melalui PPR dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika?
4.      Bagaimana meningkatkan compassion peserta didik kelas II SD KAnisius Gayam melalui PPR dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika?
D.  Batasan Pengertian
1.      Paradigma Pedagogi Reflektif
Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran yang membawa peserta didik terjun langsung dalam pengalamannya, tidak sekedar menerima informasi dari pendidik. Proses pembelajaran dengan pendekatan PPR merupakan siklus konteks à pengalaman à refleksi à aksi à evaluasi. Paradigma Pedagogi Reflektif dalam penelitian ini merupakan bentuk pembelajaran yang digunakan di kelas II SD Kanisius Gayam.
2.      Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik merupakan salah satu bentuk pembelajaran terpadu yang mengaitkan beberapa mata pelajaran dalam satu proses pembelajaran berdasar suatu tema yang telah ditentukan. Pembelajaran tematik dalam penelitian merupakan pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika di kelas II SD kanisius Gayam.
3.      Competence, Conscience, Compassion
Competence, conscience, dan compassion merupakan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran berbasis PPR. Competence merupakan kemampuan penguasaan kompetensi secara utuh yang disebut juga dengan kemampuan kognitif. Conscience merupakan kemampuan afektif yang secara khusus mengasah kepekaan dan ketajaman hati nurani. Compassion merupakan aspek psikomotor yang berupa tindakan konkret maupun batin disertai bela rasa bagi sesama. Competence, conscience, dan compassion dalam penelitian ini merupakan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran di kelas II SD Kanisius Gayam.
4.      Peserta Didik Kelas II SD
Peserta didik adalah anak-anak yang menerima pelajaran dari pendidik. Peserta didik kelas II berarti anak yang menerima pelajaran dari pendidik di tingkat II pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Dalam penelitian ini, peserta didik berarti anak yang melakukan proses pembelajaran bersama pendidik di tingkat dua (2) Sekolah Dasar Kanisius Gayam.

E.  Pemecahan Masalah
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya competence, conscience, dan  compassion peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam pada mata pelajaran PKn dan matematika. Rendahnya competence, conscience, dan compassion akan diatasi dengan melakukan proses pembelajaran tematik berbasis PPR..

F.   Tujuan
1.        Untuk meningkatkan competence peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam dengan penerapan PPR dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika.
2.        Untuk meningkatkan conscience peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam dengan penerapan PPR dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika.
3.        Untuk meningkatkan compassion peserta didik kelas II SD Kanisius Gayam dengan penerapan PPR dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika.

G.   Manfaat
1.      Manfaat Teoritis
Secara teoritis, Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan mengenai salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan competence, conscience, dan compassion.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Peneliti
Manfaat yang dapat diambil peneliti dari penelitian ini adalah pengalaman melakukan Penelitian Tindakan Kelas, khususnya dalam pembelajaran tematik berbasis PPR pada mata pelajaran PKn dan Matematika.
b.      Bagi Pendidik
Penelitian ini dapat menjadi inspirasi dalam penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif dalam pembelajaran tematik mata pelajaran PKn dan Matematika.
c.       Bagi Peserta Didik
Peserta didik dapat mengalami proses pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai competence, kedisiplinan dan kerjasama.

d.      Bagi Sekolah
Penelitian ini dapat meningkatkan banyaknya pendidik yang menggunakan PPR dalam melakukan proses pembelajaran.

skala pengukuran non tes


Skala Pengukuran Non Tes

Nama          :______________________
No. Absen  :____
Petunjuk     : Isilah setiap pernyataan dengan memberi tanda check (Ö ) pada kolom yang disediakan!
Pernyataan
Ya
Tidak
1.        Saya bertanya jika tidak mengerti penjelasan guru
2.        Saya mau menjawab pertanyaan guru
3.        Saya membantu teman yang tidak bisa mengerjakan
4.        Saya mau mendengarkan teman yang sedang berbicara
5.        Saya membayar sesuai makanan yang saya ambil di kantin
6.        Saya mengantri dengan tertib ketika membayar makanan di kantin
7.        Saya tidak mencontek ketika mengerjakan ulangan
8.        Saya tidak pernah terlambat datang di sekolah
9.        Saya bisa menyebutkan bangun datar yang ada di kelas
10.    Saya bekerjasama dengan teman untuk mengelompokkan jenis bangun datar


Total Skor


inilah salah satu hasil itu,,


LEMBAR KERJA SISWA



A.       Tujuan Pembelajaran
1.      Competence (Kemampuan Akademik)
a.       Siswa mampu membedakan kenampakan alam dan buatan di Indonesia berdasarkan gambar
b.      Siswa mampu memberi contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan, masing-masing minimal tiga contoh
c.       Siswa mampu memberi contoh kegiatan ekonomi berdasarkan gambar kenampakan alam/ buatan
d.      Siswa mampu menjelaskan proses pembuatan bendungan, penataan perkebunan teh, pemanfaatan laut dengan gambar

2.      Conscience (Hati Nurani)
a.       Siswa mampu memberi contoh sikap yang benar dalam memanfaatkan kenampakan alam dan buatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi

3.      Compassion (Kepedulian Sosial)
a.    Siswa mampu merumuskan niat-niat untuk menjaga kelestarian kenampakan alam secara tertulis
b.    Siswa mampu merumuskan niat untuk merawat kenampakan buatan secara tertulis
c.    Siswa mampu membuat poster yang berisi ajakan melestarikan kenampakan alam atau merawat kenampakan buatan secara spontan

B.     Petunjuk
1.      Tuliskan namamu pada pojok kanan atas LKS!
2.      Lakukan kegiatan belajar di bawah ini!
3.      Tuliskan jawabanmu pada kolom yang telah disediakan dengan rapi!
4.      Kumpulkan LKS dengan rapi!




C.       Kegiatan Belajar
1.      Kegiatan Belajar 1
a.    Tuliskan hasil diskusimu pada table di bawah ini
No
Aspek Perbedaan
Kenampakan Alam
Kenampakan Buatan
1



2



dst


No
Contoh Kenampakan
Contoh kegiatan Ekonomi yang bisa dilakukan
Kenampakan Alam
1


2


3


4


dst
Kenampakan Buatan
1


2


3


4


dst

Untuk Kelompok 1
Jelaskan proses pembuatan Bendungan menggunakan gambar di depan kelas!

Untuk Kelompok 2
Jelaskan penataan perkebunan the di daerah pegunungan menggunakan gambar di depan kelas!

Untuk Kelompok 3
Jelaskan pemanfaatan laut yang benar menggunakan gambar di depan kelas!

2.      Kegiatan Belajar 2
a.       Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!
b.      Perhatikan presentasi temanmu dengan baik!







Tuliskan apa yang sudah kita pelajari bersama hari ini!


Rounded Rectangle: _____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
 

















D.      Refleksi
1.    Bagaimana perasaanmu setelah mempelajari materi ini?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.    Kesulitan apa ynag masih kamu alami?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.    Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kesulitan itu?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

4.    Apa manfaat materi ini untuk kehidupanmu sehari-hari?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________




LEMBAR REFLEKSI


1.      Renungkanlah bagaimana perasaanmu mengetahui bahwa kenampakan alam dan kenampakan buatan memberi manfaat dalam kehidupanmu?


Rounded Rectangle: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
 





2.      Apakah kamu memanfaatkan kenampakan alam dan kemanpakan buatan sesuai dengan kebutuhanmu?
Rounded Rectangle: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ 





3.      Masih adakah sikapmu yang harus diperbaiki dalam pemanfaatan kenampakan alam dan kenampakan buatan?
Rounded Rectangle: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ 





4.      Adakah tindakanmu yang merusak kenampakan alam atau kenampakan buatan?


Rounded Rectangle: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
 















LEMBAR PERUMUSAN NIAT DAN RENCANA TINDAKAN


1.    Rumuskan niat-niatmu untuk menjaga kelestarian kenampakan alam?


Rounded Rectangle: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
 





2.    Rumuskan niat-niatmu untuk merawat kenampakan buatan?
Rounded Rectangle: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ 





3.    Buatlah poster yang berisi ajakan melestarikan kenampakan alam atau merawat kenampakan buatan!























LEMBAR OBSERVASI
PRESENTASI KELOMPOK

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
A
B
C
D
E








































Dst.